Waketum Golkar Yakin KMP Dukung Perppu

Waketum Golkar Yakin KMP Dukung Perppu
Agung Laksono. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Waketum Partai Golkar Agung Laksono menuturkan bahwa upaya SBY menerbitkan Perppu adalah upaya yang solutif.

Sebab, upaya tersebut mewadahi aspirasi masyarakat yang menginginkan sistem pilkada langsung. "Itu adalah jawaban yang pas dan solusi masalah nasional,"ujarnya.
 
Agung pun meyakini bahwa fraksi-fraksi di DPR, termasuk KMP akan menyepakati Perppu tersebut. Dia menilai, KMP pun tentu tidak ingin kehilangan para pendukungnya jika melakukan penolakan terhadap Perppu tersebut.

"Saya berkeyakinan bahwa partai-partai itu, termasuk partai yang berkoalisi di KMP, yang akan melihat sesuatu yang memang realistis. Saya yakin akan mengamankan,"kata Agung.
 
Menyoal kemungkinan adanya lobby yang dilakukan SBY terhadap Golkar, terkait Perppu tersebut, Agung menuturkan bahwa hal tersebut sah untuk dilakukan.

"Sah dalam mekanisme perpolitikan dimanapun, menghasilkan diharapkan dukungan. Saya percaya partai-partai akan memberikan dukungan kepada perppu tersebut," imbuhnya.
     
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, setelah menimbang berbagai opsi, Presiden SBY memutuskan memilih penerbitan dua Perppu.  Perppu pertama adalah Perppu Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Perppu ini sekaligus mencabut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota yang mengatur pemilihan kepala daerah secara tidak langsung oleh DPRD.

Kedua, Perppu Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Perubahan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang isinya menghapus tugas dan wewenang DPRD untuk memilih Kepala Daerah. (idr/bay/ken)


JAKARTA - Waketum Partai Golkar Agung Laksono menuturkan bahwa upaya SBY menerbitkan Perppu adalah upaya yang solutif. Sebab, upaya tersebut mewadahi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News