Wapres Ma'ruf Amin Sampaikan Isu Utama di KTT ASEAN-Korea

Wapres Ma'ruf Amin Sampaikan Isu Utama di KTT ASEAN-Korea
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-24 ASEANKorea, di National Convention Center, Vientiane, Laos, pada Kamis (10/10). Foto: dok Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-24 ASEANKorea, di National Convention Center, Vientiane, Laos, pada Kamis (10/10).

Ma'ruf Amin mengungkapkan dua isu penting yaitu percepatan transisi energi dan stabilitas kawasan.  

KTT ASEAN-Republik Korea tahun ini menjadi momen bersejarah bagi ASEAN dan Republik Korea, sebagai peringatan tonggak kerja sama yang sudah berlangsung selama 35 tahun. 

Momen ini juga ditandai dengan ditingkatkannya status kerja sama menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif.

“Tahun ini menandai 35 tahun kemitraan ASEAN-Republik Korea. Saya menyambut baik peluncuran Kemitraan Strategis Komprehensif antara ASEAN dengan Republik Korea. Kemitraan ini akan mendukung implementasi ASEAN Outlook on the Indo Pasific (AOIP) dan mempercepat ASEAN mencapai Visi 2045,” sambut Wapres Ma’ruf Amin.

Lebih lanjut, Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan untuk mencapai tujuan kemitraan tersebut perlu dilakukan melalui dua langkah. 

Langkah pertama adalah percepatan transisi energi

“Kita harus mempercepat langkah transisi energi untuk hadapi krisis energi global dan dampak perubahan iklim,” ungkap Wapres Ma’ruf Amin.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-24 ASEANKorea, di National Convention Center, Vientiane, Laos, pada Kamis (10/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News