Wapres Pastikan 2009 Bebas Pemadaman

Wapres Pastikan 2009 Bebas Pemadaman
Wapres Jusuf Kalla (kanan) saat meninjau proyek PLTU Indramayu. Foto: Setwapres
SERANG - Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan tidak ada lagi pemadaman bergilir di Jawa pada 2009 bila tiga PLTU dalam proyek pembangkit 10.000 ribu MW, yakni PLTU-II Labuan, PLTU-I Indramayu, dan PLTU Rembang dapat diselesaikan tepat waktu.

     "Setelah melihat dua pembangkit listrik hari ini yang semua dapat diselesaikan lebih cepat dari jadwal maka saya optimis pada 2009 sudah tidak ada pemadaman bergilir di Pulau Jawa termasuk PLTU Rembang yang pembangunannya masih sesuai jadwal," katanya seusai meninjau PLTU I Indramayu di Kabupaten Indramayu, Jabar, Minggu (13/7).

     Jusuf Kalla mengatakan, saat ini pembangunan tiga PLTU di Jawa yakni PLTU II Labuan (2x300 MW), PLTU I Indramayu (2x330 MW) dan PLTU Rembang (315 MW) masih berjalan sesuai jadwal bahkan pihak kontraktor menyatakan siap untuk memajukan pengerjaannya lebih cepat.

     "Jika ini bisa dilaksanakan dengan lebih cepat maka saya yakin pada 2009 di Jawa tidak ada pemadaman lagi, dan jika seluruh proyek selesai, 10 ribu MW pada 2011 maka seluruh wilayah Indonesia baik di Jawa maupun di luar Jawa dijamin tidak ada lagi pemadaman," katanya.

     Sementara untuk mengejar target Program Percepatan Pencapaian Swasembada Daging (P2SDS) tahun 2010,  Jusuf Kalla memerintahkan Menteri Pertanian Anton Priyantono membangun sedikitnya 500 kandang pembibitan baru. Syaratnya, harus dibangun di lokasi yang mudah mendapatkan pakan.

     "Inti permasalahan tingginya biaya produksi di kandang itu hanya pakan. Menelan 40 persen biaya produksi. Jadi, kalau itu bisa ditekan, selesailah masalahnya," ujar JK saat meninjau Kandang Pembibitan Sapi PT. Lembu Jantan Perkasa, Desa Sindangsari, Pabuaran, Serang, Ahad 13 Juli.

Menurut JK, untuk mencapai swasembada daging,dibutuhkan suplai tambahan minimal 1 juta ekor sapi pertahun. Dengan asumsi satu kandang pembibitan memproduksi 2000 ekor sapi pertahun, maka 500 kandang dianggap cukup. Ini harus digalakkan supaya kita tidak impor terus," tegas Waprwes.

     Saat berkunjung ke Kandang PT. Lembu Jantan Perkasa, JK didampingi Menteri Pertanian Anton Apriyantono. Dirjen Peternakan Departemen Pertanian Tjeppy D Soejana.

SERANG - Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan tidak ada lagi pemadaman bergilir di Jawa pada 2009 bila tiga PLTU dalam proyek pembangkit 10.000

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News