Warga Merauke Bersyukur Harapan Punya Sawah Diwujudkan Pemerintah

Warga Merauke Bersyukur Harapan Punya Sawah Diwujudkan Pemerintah
Ketua adat dari salah satu marga di Kampung Kaliki, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke. Foto: source for JPNN

jpnn.com - MERAUKE - Keinginan warga Distrik Kurik, Kabupaten Merauke, Papua Selatan memiliki lahan pertanian padi akhirnya terpenuhi.

Kementerian Pertanian telah mencetak lahan sawah baru di wilayah itu dengan luas 1.000 hektare.

Ketua adat dari salah satu marga di Kampung Kaliki, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke Albertus Mahuse mengatakan, warganya sudah mengajukan dari lima tahun lalu, agar lahan mereka bermanfaat, dan baru bisa dibantu pemerintah saat ini dengan dibukakan lahan seluas 1.000 ha yang terbagi di tiga titik.

"Kami sepakat untuk membuka lahan persawahan. Yang siap dibuka ada 1.000 ha dan yang sekarang ada 200 ha kemudian 700 ha ada di belakang yang sementara sudah dikerjakan dan 100 ha nya di sini, di pertengahan," ujar Albertus.

Dia mengaku, nanti lahan sawah baru ini sementara akan dikerjakan sendiri oleh masyarakat setempat. Namun, mengingat luasannya besar, juga ada kemungkinan akan disewakan.

"Ya, itu pun sudah ada kesepakatan. Nanti lahan 200 ha ini masyarakat sudah bekerja. Kalau sudah tidak mampu lagi dengan persawahan yang lain, bisa dimasukkan sewa. Nanti ada orang yang bantu," ujarnya.

Albertus menambahkan, pihaknya juga sudah mengumpulkan alat mesin pertanian (alsintan) seperti combine harvester, transplanter, traktor dan pompa air.

"Kami akan mengusulkan kepada Pak Menteri besok alat excavator, semua. Sudah dibantu sementara dan nanti kami akan bekerja dan akan meminta pertolongan kepada pemerintah alat-alat pengolahan; jonder, traktor, pompa air, termasuk benih. Ya combine juga," tuturnya.

Albertus berharap dari Kementan terus memberikan pendampingan dalam mengelola lahan sawah baru ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News