Wartawan Pembeber Korupsi Dibui 2 Tahun

Wartawan Pembeber Korupsi Dibui 2 Tahun
Wartawan Pembeber Korupsi Dibui 2 Tahun
HANOI - Malang benar nasib wartawan Vietnam ini. Setelah berhasil mengungkap korupsi pemerintah setempat, Nguyen Viet Chien bukannya diganjar penghargaan, tapi malah dijatuhi hukuman. Jurnalis harian Thanh Nien berusia 56 tahun itu kemarin (15/10) oleh Pengadilan Rakyat Hanoi divonis penjara dua tahun atas dakwaan memfitnah pemerintah.

''Chien menggunakan informasi palsu dalam laporan yang dia tulis dan menyebabkan rusaknya nama baik sejumlah pejabat tinggi negara,'' ujar hakim Tran Van Vy yang memimpin sidang.

Selain itu, menurut dia, Chien juga telah membentuk opini negatif masyarakat terhadap pemerintah lewat laporannya tentang skandal tingkat tinggi tersebut. Chien dianggap telah menyalahgunakan kebebasan dan demokrasi. Sebelumnya, pengadilan juga menjatuhkan hukuman kepada rekan seprofesi Chien yang bekerja di koran Tuoi Tre, Nguyen Van Hai, atas dakwaan yang sama. Namun, Hai hanya dihukum dua tahun ''pendidikan ulang'' tanpa kurungan.

Kasus yang memaksa Chien menjadi pesakitan itu terjadi sekitar tiga tahun lalu. Saat itu, dia dan beberapa rekannya melakukan liputan investigasi tentang korupsi di Kementerian Transportasi. Chien menulis bahwa para pejabat lembaga itu menggelapkan dana bantuan asing untuk foya-foya dan berjudi. (AP/AFP/hep/ttg)

HANOI - Malang benar nasib wartawan Vietnam ini. Setelah berhasil mengungkap korupsi pemerintah setempat, Nguyen Viet Chien bukannya diganjar penghargaan,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News