Waspada, Jangan Percaya Iming-iming Lulus CPNS

Waspada, Jangan Percaya Iming-iming Lulus CPNS
Tes CPNS. Ilustrasi/foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - NATUNA - Masyarakat diimbau untuk waspada tidak tergiur dengan iming-iming ada orang yang bisa mengurus sehingga lulus penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Imbauan dikemukakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau karena begitu tergiur akibatnya bisa sangat fatal. Karena biasanya iming-iming disertai dengan permintaan sejumlah uang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Natuna Muhammad Alim Sanjaya mengatakan perekrutan CPNS tidak dipungut biaya.

Menurutnya, setiap masyarakat yang mau menjadi CPNS wajib mengikuti seleksi, mulai atas seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar hingga seleksi kompetensi bidang.

Dia mengatakan saat ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah menggelar seleksi kompetensi dasar (SKD) di SMA N 1 Bunguran Timur.

"Seleksi dilakukan selama tiga hari dan hari ini (Sabtu) sudah dimulai," ujar Muhammad Alim dari Natuna, Sabtu (26/10).

Dia menerangkan SKD dilakukan melalui computer assisted test (CAT) atau system seleksi berbasis komputer dalam jaringan.

Pada seleksi ini peserta harus menjawab pertanyaan yang telah disediakan di komputer dan proses seleksi dipantau oleh pengawas secara langsung dan kamera.

Masyarakat diimbau untuk waspada tidak tergiur dengan iming-iming lulus CPNS, karena akibatnya bisa fatal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News