Waspadai Gangguan Kehamilan Penyebab Kematian

Waspadai Gangguan Kehamilan Penyebab Kematian
Waspadai Gangguan Kehamilan Penyebab Kematian

jpnn.com - SELAIN perdarahan dan infeksi, salah satu penyebab meningkatnya kematian pada ibu hamil (bumil) yakni terjadinya preeklampsia. Gangguan kehamilan ini, ditandai dengan timbulnya hipertensi dengan tekanan darah 140/90 mmHg.

Umumnya, muncul di kehamilan pada periode 20 minggu atau triwulan ke dua dan ke tiga. Tandanya, disertai dengan kaki membengkak (edema tungkai bawah ). Juga ditemukan protein urine yang positif (kelebihan protein) yang diketahui dengan tes laboratorium.

Itu sebabnya, jangan sepelekan hipertensi saat hamil. Karena, saat ini preeklampsia merupakan salah satu gangguan kesehatan kehamilan yang kerap merenggut nyawa ibu hamil. Perlu edukasi dan penanganan sedini mungkin untuk mencegahnya.

Menurut dr Tedy TS Sp OG, Rumah Sakit Siloam Hospitals, Balikpapan, preeklampsia bisa mengakibatkan kejang. Kejang yang terjadi secara berulang sangat berisiko menyerang bagian otak dan mengakibatkan stroke.

“Selain kejang, preeklampsia berujung sesak napas. Sebab, dinding pembuluh darah bocor sehingga darah bisa merembes ke organ tubuh yang lain. Banyak pasien yang tidak sadar risiko preeklampsia terhadap kehamilan. Mereka beranggapan, tekanan darah tinggi adalah hal yang lumrah terjadi,” katanya.

Padahal, jelas dokter berkaca mata, justru preeklampsia itulah salah satu penyebab kematian terbesar pada ibu hamil.

Menurut Tedy, kematian ibu hamil akibat preeklampsia berat terjadi karena komplikasi perdarahan otak, edema paru, kegagalan organ yang multipel ( gagal napas, ginjal, dan hati ).

“Adanya penyakit ini lantaran kegagalan atau abnormalitas dalam proses pembentukan pembuluh darah plasenta (ari-ari atau tembuni).  Keadaan tersebut membuat aliran darah ibu ke plasenta dan janin tidak optimal. Akibatnya tumbuh kembang plasenta dan janin sejak awal kehamilan selalu dalam kondisi yang kekurangan nutrisi dan oksigen (hipoksia),” terangnya kepada Kaltim Post (JPNN Group), belum lama ini.

SELAIN perdarahan dan infeksi, salah satu penyebab meningkatnya kematian pada ibu hamil (bumil) yakni terjadinya preeklampsia. Gangguan kehamilan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News