West Bromwich Pecat Anelka karena Tekanan Pengusaha Yahudi

West Bromwich Pecat Anelka karena Tekanan Pengusaha Yahudi
Selebrasi Nicolas Anelka. Getty Images

jpnn.com - Penyerang asal Prancis, Nicolas Anelka resmi dipecat dari klubnya, West Bromwich Albion. Pemecatan itu diduga karena tekanan dari pengusaha Yahudi yang merasa terhina dengan selebrasi Anelka.

"Dia dipecat karena telah melakukan perbuatan kotor," demikian pernyataan resmi klub English Premier League, West Brom seperti yang dilansir BBC, Sabtu (15/3).

Bentuk penghinaan kepada orang-orang Yahudi yang dimaksud ketika penyerang 35 tahun melakukan selebrasi gerakan quenelle. Gerakan ini sempat booming di persepakbolaan Inggris. Gerakan itu adalah gerakan yang dilakukan komedian Prancis Dieudonne M'bala M'bala. Dia menyebut gerakan dengan menyilangkan tangan ke dada adalah simbol anti kemapanan. Namun beberapa kalangan menyebut itu adalah gerakan anti semit atau gerakan anti orang-orang Yahudi.

Apalagi saat itu Anelka berselebrasi di Boleyn Ground, markas West Ham United. Ya, klub London itu adalah milik taipan berdarah Yahudi.  Atas perbuatannya itu Anelka disanksi lima laga serta denda GBP 80 ribu atau setara Rp 1,5 miliar.

Sebelumnya, Laman Daily Mail, Jumat (14/3) juga melaporkan, perusahaan jasa penjualan properti Zoopla yang kini menjadi sponsor utama West Bromwich meminta agar nama Anelka dicoret dari daftar pemain yang diturunkan dalam laga kandang melawan Everton, Senin (20/1) nanti. Jika permintaan itu tak dipenuhi, Zoopla yang dimiliki pengusaha keturunan Yahudi bernama Alex Chesterman akan membatalkan dana sponsor sebesar GBP 3 juta atau sekitar Rp 60 miliar untuk West Brom.

Anelka melakukan aksi quenelle yang dikenal sebagai simbol tindakan anti-Yahudi itu sebagai selebrasi usai mencetak gol dalam laga melawan West Ham United, Desember lalu. Sejumlah pihak kemudian menuding simbol itu sebagai tindakan rasialis.

Kontan, kalangan Yahudi memprotes aksi penyerang 35 tahun itu karena dianggap sebagai penghinaan. (awa/jpnn)

 

Penyerang asal Prancis, Nicolas Anelka resmi dipecat dari klubnya, West Bromwich Albion. Pemecatan itu diduga karena tekanan dari pengusaha Yahudi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News