Wilkommen Bundesliga

Wilkommen Bundesliga
Wilkommen Bundesliga

jpnn.com - MUENCHEN - Bayern Muenchen harus menyerah 2-4 dari Borussia Dortmund di DFL-Supercup atau Piala Super Jerman (27/7) meski bermodal catatan tak terkalahkan plus tiga trofi pramusim. Hasil negatif itu pun membuat der trainer Pep Guardiola kecewa berat.

Namun, kemenangan 2-1 Die Roten (sebutan Bayern) atas Manchester City di Allianz Arena kemarin dini hari WIB (2/8) membuat Guardiola kembali bergairah.

Kemenangan itu tak hanya menahbiskan Bayern sebagai jawara Piala Audi 2013.  Tapi, dari sukses itu, Guardiola menilai Bayern telah siap mengarungi Bundesliga yang kickoff pekan depan (9/8). Philipp Lahm dkk akan memulai misi mempertahankan gelar dengan menghadapi Borussia Moenchengladbach di kandang sendiri.
 
"Saya puas. Di babak pertama kami bermain bagus. Di babak kedua, sangat jelas, kami menunjukkan konsistensi sebagai tim yang menjalani dua pertandingan dalam dua hari," kata Guardiola seperti dilansir RTL.
 
Pelatih 42 tahun itu mungkin juga senang karena mulai menemukan starting eleven yang diinginkannya dalam skema 4-1-4-1. Di antaranya keputusan untuk menduetkan Javi Martinez dan Dante di jantung pertahanan. Martinez memang gelandang bertahan, tapi juga kerap dipercaya sebagai bek tengah.
 
Guardiola pun tidak komplain dengan penempatan Bastian Schweinsteiger di posisi enam alias pivot tunggal. Sedangkan Thiago yang sempat dipercaya di posisi tersebut dalam laga-laga sebelumnya didorong ke depan mendampingi Toni Kroos sebagai gelandang serang atau posisi aslinya.
 
Hanya, konfigurasi itu merembet ke posisi target man yang sepertinya tak lagi paten dipercayakan kepada Mario Mandzukic. Thomas Mueller yang musim lalu lebih banyak beroperasi di tengah bisa mengancam posisi Mandzukic. Apalagi posisi asli Mueller memang striker.
 
Mandzukic mungkin tengah "disanksi" Guardiola gara-gara menunjukkan ekspresi kekecewaan seusai mencetak gol ke gawang Sao Paulo dalam semifinal Piala Audi sehari sebelumnya (1/8). Dalam laga yang dimenangi Bayern 2-0 itu, Mandzukic turun sebagai pemain pengganti.
 
Dua kali tidak bermain sejak menit awal dalam dua laga Piala Audi mungkin membuat bomber internasional Kroasia itu meradang. "Mandzukic adalah striker hebat dan dia tidak memiliki masalah dengan kebijakan rotasi tim kami," bantah Guardiola.
 
Meski dimainkan cadangan, Mandzukic justru tampil sebagai pahlawan kemenangan Bayern atas City lewat golnya pada menit ke-73. Itu sekaligus menggenapkan gol Bayern selama pramusim menjadi 65 gol dalam 11 laga (rata-rata hampir enam gol per laga).
 
Sebelum aksi dari Mandzukic, Bayern tertinggal oleh gol Alvaro Negredo pada menit ke-61 yang lantas dibalas Mueller lima menit berselang melalui ekseksui penalti. Hadiah penalti itu diberikan setelah Pablo Zabaleta dianggap handsball.
 
"Bayern memperlihatkan kesiapannya untuk menghadapi kompetisi, sedangkan kami masih belum," kata pelatih City Manuel Pellegrini yang sepertinya bisa menerima timnya finis sebagai runner-up di Piala Audi.
 
Pellegrini hanya menyoroti pertahanan timnya yang masih kerap kecolongan sebagaimana dalam semifinal kontra AC Milan. Yakni, kebobolan tiga gol beruntun setelah unggul lima gol (skor akhir 5-3). Di sisi lain, Milan terhindar sebagai juru kunci Piala Audi untuk kali ketiga beruntun setelah menang 1-0 atas Sao Paulo dalam perebutan peringkat ketiga. (dns/bas)


MUENCHEN - Bayern Muenchen harus menyerah 2-4 dari Borussia Dortmund di DFL-Supercup atau Piala Super Jerman (27/7) meski bermodal catatan tak terkalahkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News