Yakin Bocor dari Pihak Ketiga

Yakin Bocor dari Pihak Ketiga
Yakin Bocor dari Pihak Ketiga
BOCORNYA data pelanggan maupun konsumen sebuah perusahaan diduga berasal dari pihak ketiga yang selama ini bekerja sama dengan perusahaan bersangkutan. Itu salah satu dugaan yang disampaikan Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI).

General Manager (GM) AKKI Steve Marta mengatakan, tidak mungkin bocornya data pelanggan atau konsumen tersebut berasal dari perusahaan bersangkutan. Misalnya, bank. ""Rugi kalau kami yang membocorkan data sendiri,"" ujar Steve. Menurut dia, kebocoran itu diduga terjadi ketika perusahaan atau bank bekerja sama dengan pihak ketiga dalam menjaring konsumen baru.

Menurut dia, tidak sedikit kegiatan marketing sebuah bank melibatkan perusahaan lain. Nah, di sinilah kemungkinan ada oknum dari pihak ketiga yang mencuri data dan kemudian dijual ke telemarketing lain. Dari sini lalu terjadi saling tukar menukar data untuk diprospek sebagai calon konsumen atau nasabah.

Steve mengatakan, bisa jadi data yang didapat para penjual tersebut bermula ketika nasabah diminta mengisi form aplikasi tertentu. Misalnya, pengajuan kartu kredit. Data kemudian di-copy dan disalahgunakan. Tenaga-tenaga marketing seperti itu, menurut Steve, kebanyakan juga berasal dari pihak ketiga yang bekerja sama dengan sebuah bank.

BOCORNYA data pelanggan maupun konsumen sebuah perusahaan diduga berasal dari pihak ketiga yang selama ini bekerja sama dengan perusahaan bersangkutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News