Yakin Daftar Pemilih Seluruh Pemilukada Akurat

Yakin Daftar Pemilih Seluruh Pemilukada Akurat
Yakin Daftar Pemilih Seluruh Pemilukada Akurat
JAKARTA - Sengketa pemilukada yang terkait dengan masalah daftar pemilih diyakini tidak akan terjadi lagi. Keyakinan ini setelah Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) menuntaskan pemberian Nomor Induk Kependudukan (NIK) kepada seluruh penduduk pada akhir 2011.

Mendagri Gamawan Fauzi menjelaskan, dengan adanya data penduduk yang telah memiliki NIK ini, maka akan dengan gampang memilahkan mana penduduk yang masuk daftar DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu). Masing-masing pemkab/kota tinggal menyerahkan ke pemprov, yang selanjutnya, DP4 diserahkan ke KPU Provinsi. Ini untuk pemilukada gubernur.

"Tinggal ambil saja mana yang umurnya di atas 17 tahun. Sreettt, keluar. Ini karena akhir 2011 NIK sudah selesai," ujar Gamawan Fauzi.

Dengan alasan itu Gamawan yakin bahwa konflik pemilukada yang dipicu masalah daftar pemilih, tidak bakal terjadi lagi. Dari yang sudah-sudah, pascaselesainya pemberian NIK, konflik pemilukada terkait daftar pemilih, sudah tidak ada lagi. "Hampir sudah tidak ada lagi konflik soal jumlah pemilih," imbuhnya.

JAKARTA - Sengketa pemilukada yang terkait dengan masalah daftar pemilih diyakini tidak akan terjadi lagi. Keyakinan ini setelah Kementrian Dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News