Yakin Tiga Provinsi Bakal Disiram Politik Uang

Yakin Tiga Provinsi Bakal Disiram Politik Uang
Yakin Tiga Provinsi Bakal Disiram Politik Uang

jpnn.com - JAKARTA - Prediksi pilpres bakal berlangsung kotor seperti pileg 9 April dilontarkan Wakil Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Jojo Rohi.

Dia yakin bakal terjadi praktik politik uang dalam jumlah sangat besar, yang akan dimainkan di tiga provinsi dengan jumlah pemilih menentukan, yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Yang bakal digarap dengan politik uang, kata Jojo, seperti saat pileg yakni penyelenggara pemilu di tingkat bawah dan juga pemilih.

"Saya sangat yakin, bom money politics bakal terjadi, terutama akan disasarkan ke pihak penyelenggara, tak hanya kepada massa pemilih. Saya juga yakin bom politik uang, bukan lagi jumlahnya ecek-ecek, tapi dengan dana maha besar," ujar Jojo, di Jakarta, Jumat (4/7).

Indikasinya, lanjut dia, persaingan pilpres sangat ketat bahkan semakin hari semakin panas. Cara-cara brutal juga sudah terlihat, antara lain menebar fitnah, kampanye hitam berbau SARA, yang sudah terang-terangan dilakukan. Munculnya surat palsu pemanggilan Kejaksaan Agung, Obor Rakyat, tebaran isu SARA tanpa malu-malu, sudah menunjukkan brutalnya pelaksanaan pilpres 2014.

Dengan melihat kondisi seperti itu, Jojo sangat yakin, segala cara akan dimainkan pasangan calon tertentu untuk mendapatkan kemenangan.

"Beli penyelenggara, terutama di bawah pasti akan dipakai modus. Selain hasilnya lebih pasti, ada pihak yang bisa dituntut pertanggungjawaban bila hasilnya tak sesuai kesepakatan. Jika di masa kampanye saja sudah menghalalkan segala cara, maka di ujung persaingan juga sudah pasti politik uang akan diterapkan," kata Jojo.

Dia begitu yakin, dana triliuan rupiah bakal digelontorkan sebagai modal meraup suara dengan cara yang haram, terutama di kantong-kantong suara besar, seperti Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur.

JAKARTA - Prediksi pilpres bakal berlangsung kotor seperti pileg 9 April dilontarkan Wakil Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Jojo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News