Yuk Nostalgia, 5 Band Indonesia Era 90 Yang Bikin Kangen (3)

Yuk Nostalgia, 5 Band Indonesia Era 90 Yang Bikin Kangen (3)
KLa Project. Foto: KLa Project

jpnn.com - JAKARTA – Anda yang menjalani masa remaja atau dewasa pada 1990an tentu lekat dengan lagu-lagu karya KLa Project. Karya-karya KLa memang sering disebut sangat ajaib.

KLa dibentuk oleh Katon Bagaskara (vocal), Lilo Radjadin (guitar), Adi Adrian (keyboard) di kawasan Tebet pada 1988 silam. Mereka tak langsung mengeluarkan album.

Dilansir laman resmi KLa, mereka membuat single bertajuk Tentang Kita yang dimuat dalam album kompilasi sepuluh bintang nusantara pada 1988. Katon dkk baru mengeluarkan album perdana bertajuk KLa pada 1989.

Saat itu, beberapa lagu seperti Rentang Asmara, Tentang Kita, Waktu Tersisa, dan Laguku sangat mengena di telingan masyarakat. KLa mengeluarkan album kedua bertajuk Kedua pada 1991.

Album itu berisi beberapa lagu beken. Salah satunya ialah Yogyakarta. Sedangkan album ketiga bertajuk Pasir Putih yang dirilis pada 1992 memuat beberapa hits seperti Tak Bisa ke Lain Hati dan Belahan Jiwa.

KLa sempat goyah setelah Ari dan Lilo keluar. Katon dkk lantas membentuk band NuKLa bersama Erwin Prasetya (ex Dewa 19), Yoel Vai dan Hari Goro pada 2003. Mereka sempat mengeluarkan album bertajuk New Chapter pada 2004.

Band itu kembali goyah setelah Erwin memutuskan hengkang pada 2006. Tak lama kemudian, Katon mengumumkan pembentukan KLa Project sebagai pengganti NuKLa.

Sebelas album, termasuk album kumpulan terbaik (the best) dan mini album telah dirilis. Dalam kurun waktu itu pula KLa Project menerima beberapa penghargaan dari ajang BASF Award untuk beberapa kategori.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News